Tolak Ukur Karir Sukses – Sukses itu berbeda-beda dalam setiap pandangan orang. Jika diukur dari karir atau pekerjaan, maka pendidikan tinggi bukanlah satu-satunya faktor pendukung.

Tingginya gelar pendidikan bukan berarti kunci kesuksesan sudah di tangan.

Dalam dunia kerja misalnya, untuk berkarir cemerlang kamu membutuhkan skill atau kemampuan praktis di beberapa bidang. Contohnya mampu berkomunikasi dengan baik, mampu bergaul dengan beragam kalangan, mudah beradaptasi dengan lingkungan, ataupun mau belajar hal-hal baru.

“The three great essentials to achieve anything worthwhile are: hard work, stick-to-itiveness, and common sense” – Thomas A. Edison

Tolak Ukur Karir Sukses

Ketika kamu bekerja di sebuah perusahaan dan hanya mendapatkan posisi yang paling bawah karena tidak memiliki ijazah pendidikan yang tinggi, kamu tidak perlu berkecil hati.

Dengan kamu selalu bekerja keras, terbuka dengan masukan, dan mau belajar hal-hal baru dalam pekerjaan, maka bukan tidak mungkin kamu mencapai pada jabatan tinggi suatu saat nanti.

Bahkan, kamu sendiri bisa memiliki perusahaan sendiri seperti perusahaan di mana saat ini kamu bekerja.

Baca juga : Cara Menghadapi Karir Baru

Jika kamu berpikir pendidikan mampu menuntun kamu ke dalam kesuksesan, maka itu adalah hal yang kurang tepat. Pada kenyataannya, kerja keras, keteguhan hati, dan keinginan yang tinggilah yang bisa membawa kamu pada kesuksesan.

Intinya, siapapun kamu, asalkan mau berusaha dan tidak mudah putus asa, kamu pasti bisa sukses walau tanpa pendidikan tinggi.

Apakah Pendidikan Suksesnya Karir Seseorang?

Memang pendidikan tinggi bisa menjadi salah satu gerbang kesuksesan, tapi ingat hanya gerbang. Selanjutnya, tergantung usaha kita, ingin maju atau tetap diam di tempat. Mau berjuang atau diam di tempat. Banyak orang yang bersaing untuk menduduki apa yang kamu inginkan di masa depan.

Semua kembali lagi kepada individu masing-masing.

Sukses bukan berasal dari ijazah pendidikan tinggi semata. Kita bisa menjadi seorang yang sukses atau bukan sama sekali, tergantung bagaimana kita berusaha dan berjuang dalam mencapai tujuan apapun.

Untuk mencapai kesuksesan perlu tujuan konkret. Ingat, tanpa tujuan yang jelas, maka akan susah menentukan arah. Nah, di sinilah kamu perlu menentukan apa tujuanmu, apa sukses yang ingin kamu raih. Definisikan dengan baik menurut versimu, karena definisi sukses setiap orang itu berbeda-beda.

Posisi Pendidikan sebagai Penunjang Karir

Terlepas bagaimana kamu menentukan arah suksesmu, bukan berarti pendidikan tidak penting.

Pendidikan itu sangat penting untuk membantu kita membangun daya pikir, sekaligus mengarahkan kita agar mampu berpikir efektif. Namun demikian, ada hal yang jauh lebih penting dari pendidikan formal, yakni karakter dan sikap.

Tanpa sikap positif dan karakter kerja keras serta pantang menyerah, orang yang berpendidikan tinggi sekalipun, bisa kalah sukses dari orang yang hanya berpendidikan rendah jika hal ini tidak kita miliki.

Hanya orang yang berkemauan keras, yang tidak goyang meski diterpa berkali kali cobaan, yang terus berusaha meski berkali-kali gagal, yang selalu bangkit meski berkali-kali jatuh, yang akan meraih mimpinya.

Sebab dari kegagalan itulah, kita belajar untuk mencapai sukses.

Semoga dengan artikel lintasminat.com tentang tolak ukur karir dari seseorang bisa kita pahami bersama.

Tolak Ukur Karir Sukses yang Tepat

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.